CDC Universitas Andalas

Career Development Center Andalas University
Monday, 20 May 2024

PERSONAL BRANDING!!

SKU | 01 Januari 1970 07:00 wib APA ITU PERSONAL BRANDING?
        Personal branding adalah presepsi seseorang yang kamu bentuk terhadap dirimu dan apa yang bisa kamu tawarkan secara profesional saat ini serta di masa depan.
        Gill Corkindale, menuliskan pada artikelnya di Harvard Business Review bahwa ada 4 (empat) hal penting dalam personal branding, yaitu:
  • menarik untuk orang-orang sekitar
  • otentik (asli, tidak duplikasi orang lain)
  • konsisten
  • dikenal banyak orang

CARA MEMBANGUN PERSONAL BRANDING

  • Tentukan tujuanmu
  1. Temukan apa yang menjadi goal-mu di masa depan
  2. Susun strategi yang harus kamu lakukan ke depannya untuk mencapai tujuanmu.
  • Tentukan karakter yang ingin kamu tonjolkan
        Pilih salah satu keahlian kamu yang menjadi karakter pribadi kamu
  • Jangan berbohong
        Ungkapan ‘fake it until you make it’ bukan berarti kamu boleh berbohong dan berusaha keras menjadi orang lain.
  • Jangan tunda lagi, ayo mulai dari sekarang
        Membangun Personal branding perlu waktu yang lama dan konsisten. Tak hanya sebulan dua bulan atau bahkan setahun dua tahun, ini adalah hal yang perlu kamu lakukan terus menerus.

        Kalau kamu menunggu dirimu menjadi sempurna dulu, niscaya kamu tidak akan pernah memulainya. Jadi, ayo bangun personal branding mulai dari sekarang!


PENTINGNYA PERSONAL BRANDING DALAM DUNIA PROFESIONAL
    1. Kredibilitas
Kredibilitas atau ketepercayaan adalah kualitas, kapabilitas, atau kekuatan untuk menimbulkan kepercayaan kepada orang lain. Membangun kepercayaan tidak bisa dalam waktu singkat karena setiap orang memiliki sudut pandang yang berbeda-beda. Makannya jika tidak dimulai dari sekarang, kamu akan kesulitan mendapatkan kepercayaan dari orang-orang sekitar saat dibutuhkan nanti.
    2. Membangun Koneksi
Personal branding yang positif membantumu untuk membangun koneksi dengan siapa saja. Dengan adanya kepercayaan, maka mereka tak ragu untuk berhubungan denganmu.
    3. Menumbuhkan kepercayaan diri
Membentuk personal branding berarti membangun kepercayaan diri di waktu yang bersamaan. Namun hati-hati, kepercayaan diri di sini jauh berbeda dengan over-confidence. Menjadi seseorang yang terlalu percaya diri pun bisa dianggap tidak baik oleh orang-orang di sekitarnya.
    4. Kejujuran terhadap diri sendiri
Personal branding merupakan sesuatu yang datang berdasarkan nilai, prinsip, hasrat, dan tujuan seseorang. Itu semua tidak akan terkemas dengan baik tanpa adanya kejujuran terhadap diri sendiri. Mungkin kamu bisa menipu orang-orang sekitar dengan personal branding tertentu, namun percayalah itu tidak akan bertahan lama. 

Dilihat 191 kali
Link