CDC Universitas Andalas

Career Development Center Andalas University
Monday, 20 May 2024

Pertemuan Pertama Sesi Pembinanaan Untuk Calon Konselor Sebaya Tahun 2022/2023

SKU | 28 Nopember 2022 15:36 wib Pelatihan Konselor Sebaya Kembali Terlaksana Secara Offline Untuk Calon Konselor Sebaya “Sahabat Karir Unand” Angkatan III untuk Tahun 2023

Setelah menyelenggarakan pelatihan konselor sebaya secara online pada tahun lalu, Seksi Pengembangan Karir, Konseling, dan Tracer Study Direktorat Kemahasiswaan Universitas Andalas kembali melaksanakannya secara offline pada Sabtu (26/11) di Ruang Seminar PKM lantai 1. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian rekrutmen Konselor Sebaya “Sahabat Karir Unand” angkatan ke III. Adapun peserta yang hadir merupakan mahasiswa Universitas Andalas angkatan 2019 dan 2020 yang konselor sebaya dan telah berhasil melalui tahap seleksi administrasi dan wawancara.



Tema yang diangkatkan dalam kegiatan ini adalah “Are You Ready to be a Peer Counselor” dengan pembicara utamanya adalah konselor. Kegiatan ini dibuka dengan pembacaan Al Qur’an dan dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Bapak Dr. Eng. Meifal Rusli S.T., M.T. selaku Kasubdit Pengembangan Kreatif Mahasiswa. Setelah itu dilanjutkan dengan perkenalan program-program Konselor Sebaya “Sahabat Karir Unand” yang telah berjalan setahun terakhir oleh Taufik Hidayat Almedy selaku ketua Sahabat Karir Unand angkatan II. Diselingi dengan pre test, peserta juga diberikan materi terkait Seksi Pengembangan Karir, Konseling, dan Tracer Study Direktorat Kemahasiswaan Universitas Andalas oleh Siti Haniza, S.Psi.



Memasuki acara inti, salah satu konselor Seksi Pengembangan Karir, Konseling, dan Tracer Study yaitu Ibu Dwi Puspasari, M.Psi., Psikolog menyampaikan materi pengenalan konselor sebaya dan permasalahan mahasiswa. Sesi materi pertama ini berlangsung dengan seru karena penyampaian materi yang santai dengan peserta yang antusias bertanya. Setelah lima pertanyaan masuk dari peserta dan terjawab oleh konselor, sesi pertama pun ditutup untuk istirahat, sholat, serta makan siang.


Berlanjut pada sesi materi kedua, Ibu Siska Oktari M.Psi., Psikolog selaku konselor Seksi Pengembangan Karir, Konseling, dan Tracer Study menyampaikan materi tentang peer counselor. Materi yang disampaikan pun cukup padat sehingga panitia menyiapkan ice breaking untuk mencairkan suasana. Kemudian sesi materi kembali dilanjutkan dan berakhir dengan sesi tanya jawab serta pengisian post test. Tidak selesai pada penyampaian materi, kegiatan rekrutmen konselor sebaya masih akan dilanjutkan kembali pada Sabtu (3/12) dengan acara intinya adalah roleplay counseling. Kegiatan yang diadakan ini diharapkan dapat membantu calon konselor sebaya untuk mempersiapkan diri sebagai konselor sebaya seutuhnya di kemudian hari.



Penulis : Layli Muslihah,
Psikologi 2019,
Konselor Sebaya Universitas Andalas

Editor : Siti Haniza, S.Psi

Dilihat 349 kali
Link