Pusat Bimbingan Karir dan Konseling Unand Gelar Pelatihan Manajemen Pendidikan dan Pendidikan...
Launching Operasional

Pusat Bimbingan Karir dan Konseling Unand Gelar Pelatihan Manajemen Pendidikan dan Pendidikan Karir

1059
0
BERBAGI
Dr. Eng. Bambang Setyabudi (Dirut Pusat Karir ITB)
Dr. Eng. Bambang Setyabudi (Dirut Pusat Karir ITB)

Mempersiapkan tenaga kerja yang terampil dan sesuai dengan  kebutuhan dunia kerja merupakan salah satu tugas dari perguruan tinggi. Menyikapi hal tersebut, Universitas Andalas mendirikan Pusat Bimbingan Karir dan Konseling Universitas Andalas (UNAND).

Dr. Eng. Meifal Rusli, Ketua Pusat Bimbingan Karir Dan Konseling Universitas Andalas
Dr. Eng. Meifal Rusli, Ketua Pusat Bimbingan Karir Dan Konseling Universitas Andalas

Dalam rangka launching, Kamis (22/9), Pusat Bimbingan Karir dan Konseling Unversitas Andalas mengelar serangkaian acara. Dr. Eng. Meifal Rusli, Ketua Pusat Bimbingan Karir Dan Konseling Universitas Andalas mengatakan, “Pelatihan Manajemen dan Pendidikan Karir 2016 ini akan diadakan selama 3 hari dari tanggal 22 hingga 24 September 2016”.

Ia menambahkan salah satu tujuan dari Pelatihan Management dan Pendidikan Karir adalah untuk menyiapkan lulusan Unand yang terampil dan berdaya saing dan sesuai dengan tuntutan pasar.

Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA, Rektor Universitas Andalas
Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA, Rektor Universitas Andalas

Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA, Rektor Universitas Andalas, mengatakan, “Universitas Andalas sebagai institusi yang setiap tahunnya menghasilkan lulusan mempunyai tanggung jawab moral untuk menjamin lulusannya cepat memperoleh pekerjaan.”

Menurutnya pelatihan soft skill yang diberikan hari ini akan membantu lulusan Universitas Andalas memperoleh kompetensi agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain maupun bekerja secara mandiri.

Lebih lanjut, berharap layanan ini dapat digunakan oleh alumni Unand sebagai media informasi lowongan kerja terbaru“Universitas Andalas telah bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan ternama di Indonesia yang membutuhkan lulusan terbaik dari UNAND.

lulusan Unand mempunyai kompetensi yang mandiri dalam menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain ataupun bekerja secara mandiri.” ujarnya.

Mengiringi launching, juga digelar talk show dengan tema “Mempersiapkan Karir Dalam Menghadapi Tantangan Didunia Kerja Indonesia”. Talkshow hari ini menghadirkan pemateri Zuriyati, S. Psi, Psikolog (Recruitment Talent and Career Management Department FIF Group), Dra. Psi. Endang Persita Rini, MSc (Ka PSDM PT Semen Padang), Dr. Eng. Bambang Setyabudi (Dirut Pusat Karir ITB), dan Taufik Amarullah (HC/SDM Bank Mandiri wilayah Sumatera Barat) yang memaparkan kiat dan trik dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja.

Tes psikologi umum di Seminar Pusat Kegiatan Mahasiswa Universitas Andalas dari tim psikologi Pusat Bimbingan Karir dan Konseling Universitas Andalas.
Tes psikologi umum di Seminar Pusat Kegiatan Mahasiswa Universitas Andalas dari tim psikologi Pusat Bimbingan Karir dan Konseling Universitas Andalas.

Setelah istirahat, kegiatan dilanjutkan dengan konseling gratis di Ruang Konseling Pusat Bimbingan Karir dan Konseling bersama tim psikolog Pusat Bimbingan Karir dan Konseling Universitas Andalas. Selain itu, juga digelar tes psikologi umum di Seminar Pusat Kegiatan Mahasiswa Universitas Andalas.

Untuk besok, Jumat (23/9), masih akan ada pelatihan tentang pengembangan potensi belajar mengangkat materi tentang Strategi Belajar, Management Waktu dan Management Stress dengan pemateri Meria Susanti, S. Psi, M. Psi (praktisi dan dosen Psikologi UNAND), Kuswardhani (psikolog RSJ Padang) dan Reido Deskumar, ST (Presiden Mahasiswa KM UNAND 2015-2016).

Sedangkan untuk pelatihan tentang Pemantapan Karir Pasca Kampus, Sabtu (24/9), dengan Materi Pengenalan Dunia Kerja, Persiapan Diri dan Karir serta Scholarship Panel Alumni, menghadirkan  pemateri Hafrima Yenni (psikolog), Hafidzh (psikolog) dan penerima beasiswa luar negeri UNAND.