PT. HM Sampoerna, Tbk Gelar Sampoerna Career Day di Universitas Andalas

1219
0
BERBAGI

Berkerjasama dengan Pusat Karier dan Konseling Universitas Andalas, PT.HM Sampoerna, Tbk,, menggelar Sampoerna Career Day pada Kamis (8/12) di Aula Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) lantai 1 Unand, Limau Manis, Padang.

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat khususnya mahasiswa agar bisa menghadapi dunia kerja dimulai dari membuat CV ataupun dalam melakukan interview, dan tips dan trik menghadapi dunia kerja. Selain itu, dalam kegiatan ini, Sampoerna juga menggelar recruitment Sales Executive bagi masyarakat yang tinggal di Sumatera Barat.

Mahasiwa Unand sangat antusias dalam mengikuti workshop ini dikarenakan akan membantu mereka untuk bisa menghadapi dunia kerja nantinya, hal ini dibuktikan dengan penuhnya aula dengan peserta workshop.

Darwin Tanzil, Recruitment Executive Sampoerna menjadi narasumber dari kegiatan ini. Ia menjelaskan tentang bagaimana cara yang tepat untuk bersikap dan menjawab pertanyaan yang diajukan recruiter sehingga nantinya memberikan peluang bagi pelamar untuk dapat diterima di perusahaan tersebut.

Menurutnya, beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti penampilan dan membuat kesan pertama yang baik. Sebelum interview, cobalah bersikap ramah terhadap seluruh aspek dari perusahaan yang akan dimasuki. Jangan sampai bersikap tidak ramah atau sombong terhadap mereka yang bekerja di lini dasar perusahaan seperti bagian resepsionis. Karena bisa saja sang resepsionis merupakan teman akrab dari rectruiter di perusahaan tersebut.

Latihan menghadapi recruiter juga perlu dilakukan. Jangan sampai tidak rileks dalam melakukan interview. Sangat perlu diperhatikan agar mencari tahu tentang perusahaan yang akan dimasuki. Selama interview, bahasa tubuh akan diperhatikan oleh recruiter. Yang bagus adalah yang santai dan tidak menunjukkan kegelisahan.

Darwin juga membahas beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh recruiter, seperti:

  • Ceritakan tentang diri anda? Untuk ini, jawablah dengan tidak mengulangi CV dan tidak terlau panjang, yang terbaiknya adalah bahas tentang ketertarikan anda terhadap pekerjaan yang diincar.
  • Apa kelebihan/kelemahan kamu? Untuk ini, jawablah dengan jujur dan jawab dengan kelebihan yang terkait dengan perusahaan/posisi yang abda incar. Untuk kelemahan, jawablah dengan yang telah atau sedang diatasi.

Nasihat lainnya dari Darwin, pastikan anda menatap orang yang mewawancarai tetapi tidak menakuti mereka. Usahakan dalam berbicara menggunakan intonasi sebagaimana berbicara secara normal dan kecepatan berbicara yang sesuai.

Selanjutnya, Darwin berpesan, jika digelar Focus Group Discussion (FGD), aktiflah berpartisipasi dan komunikasikan ide anda. Apabila sudah ditentukan hasil diskusi, setidaknya anda bisa memberikan nilai tambah dari diskusi.

Rahma, salah seorang peserta workshop mengaku senang dengan kegiatan ini, “Kegiatan ini  bagus dan membantu saya mempersiapkan karir,” ujarnya.

BERBAGI

LEAVE A REPLY